Selasa, 25 Desember 2012

Mo curhat bisnis...! (sesi2)

Ok.  kita lanjutkan ceritaku, kemarin sampai aku daftar lowongan kerja di salah satu universitas swasta di jogja, saya berkeinginan kuat saya harus di terima karena menurutku inilah kerja yang paling cocok buat masa depanku..pertama kali adalah aku mengumpulkan syarat-syarat administrasi, syaratnya sangat ribet sekali bener-bener menguras waktu, tenaga dan pikiran. waktu itu satu kampung ada sekitar 10 orang yang daftar di universitas tersebut. akhirnya selesai sudah menyiapkan syarat administrasi, sabtu pagi (hari terakhir seleksi administrasi) aku mengumpulkan syarat bersama temanku.

Ujian pertama buat saya.. antri panjang (biasa universitas terkenal buka lowongan pasti yg daftar buanyak) giliran temenku dipanggil, apa yang terjadi? temenku di tolak karena  ijazahnya belum diligalisir. aku terkejut saat itu kemudian aku juga melihat ijazahku.uadduhhh...ternyata aku juga belum ligalisir ijazah. gimana nih? aku pulang tuk urus itu.ndak mungkin waktu dah hari terakhir. akhirnya ya,, bismilah..aku maju..eehh..teryata orang yang menolak temenku tadi pergi ke belakang mungkin pipis kali, dan diganti oleh yang lain. dan apa yang terjadi? aku dag dig dug waktu itu, aku dipanggil terus di tanya,"Berkasnya mana mas? ku jawab,"Ini Pak". aku berdoa terus supaya aku di terima. dan,,..alhamdulillah lancar aku di terima, aku lolos seleksi administrasi,dan langsung mendapat kartu ujian. hari senin ujian.  

Ujian kedua buat saya, waktu itu hari senin pagi. mau ujian tertulis tapi kok badanku terasa sakit, pusing banget, keringat dingin terus mengalir di tubuhku.waktu itu aku ragu, berangkat atau nggak ya..kalau berangkat, aku sedang sakit, kalau nggak berangkat masa depanku gimana? akhirnya kuputuskan demi masa depanku  aku harus berangkat, walau badan rasanya sakit. cukup jauh jarak rumahku sampai universitas tempat aku lamar pekerjaan sekitar 13 km, aku berangkat naik motor yamaha alfa th 90. sampai di kampus sekitar jam14.30, ujian dimulai jam 15.00, kepalaku semakin pusing, tapi aku kuat-kuatin, akhirnya ujianpun dimulai, bisa anda bayangkan badan sakit harus mengerjakan soal 100 lagi, tapi ya..alhamdulillah kukerjakan semuanya. Sesampai di rumah melamun dan akhirnya kepikiran, aku bilang ke diriku sendiri,"Saya harus baca surah yasin mulai nanti malam sampai saya di terima." dan memang aku praktekan bener setiap bakda isya' aku baca surah yasin. satu minggu kemudian pengumuman di tempel dikampus. aku datang bersama temenku yang lain. aku lihat di papan pengumuman ternyata ada namaku tertulis disitu, aku di nyatakan lolos ujian pertama, temenku nggak lolos, satu kampung yang lolos cuma saya.

Ujian ketiga buat saya, Oh ya.. formasi perkerjaan yg kulamar adalah di Staf keuangan. senin pagi aku berangkat karena ujiannya jam 09.00 aku mengikuti ujian wawancara dan kekaryaan, sainganku waktu itu ada 35 orang.  sesi pertama ujian wawancara.. eh, ternyata aku di panggil pertama kali, sesi wawancarapun aku jalani dengan lancar, tapi setelah selesai aku bertanya kepada yang mewawancarai,"Pak setelah ini ada ujian apa lagi?" di jawabnya ,"O.. ndak ada ujian lagi",ku sahut,"Berarti saya boleh pulang pak." dia jawab," Ya..silahkan." ku tanya lagi,"lha terus ujian kekaryaannya kapan?" dia jawab,"besok rabu." terus ku berpamitan, ya..makasih pak,mohon doanya.. terus aku keluar ruang, kemudian ada salah seorang peserta yang tanya saya,"mas yang di tanyain apa mas?" ku jawab dengan singkat," banyak hal lah." sambil aku berjalan, terus dia bilang begini,"lho mas nya mo kemana?" kujawab dengan singkat,"Pulang." di terkejut dan bertanya-tanya,"?????." Tapi aku tak peduli aku terus pulang aja, besok rabu aku mo ke kampus mau tes kekaryaan, dan seperti kebiasaan setiap malam aku baca surat yasin.
Rabu pagi aku berangkat ke kampus,dengan yakin dan mantap aku mau tes kekaryaan (aku nggak tau apa yang dimaksud kekaryaan itu) sesampai di kampus aku di suruh ketemu dengan bagian SDM. aku bilang ke SDM "Pak maaf saya mau ikut tes kekaryaan" bagian SDM terkejut,"lho kan, kekaryaan sudah hari senin kemarin, patesan kemarin kamu tak panggil-panggil nggak ada!" ku sahut,"lah tapi kata yang mewanwancari saya waktu itu, bahwa tes kekaryaan hari rabu." dia bilang,"waa..kamu sudah dianggap mengundurkan diri." terus kutanya,"terus gimana solusinya pak?" dia jawab,"yah..menurutku kamu dah mundur, sekarang gini aja kamu menghadap bagian keuangan apakah masih menerima kamu atau nggak?" terus aku ke bagian keuangan ketemu pak tanto kepala bagian keuangan, singkat cerita aku dipersilahkan untuk tes. setelah omong-omong dengan pak tanto bagian terakhir pak tanto bertanya ke saya,"saudara kerja di sini mau minta gaji berapa?"ku jawab," dulu waktu saya bekerja saya di gaji 300 ribu/bln." dia jawab,"waa..lembaga kami gak sanggup gaji saudara seperti itu, yang jelas lebih rendah dari itu." terus ku jawab,"bagiku bekerja adalah ibadah pak, berapapun gajinya aku terima dengan ikhlas, ngga apa-apa pak,aku siap." pak tanto bilang "Ok kalau begitu." akhirnya tes kekaryaan sudah selesai, akupun pulang, pengumuman hari jum'at. yach.. dah jam 02.00 pagi kita lanjutkan ceritanya besok ya...... bersambung.         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar