Rabu, 05 Juni 2013

BANDUNG KOTA YANG MENYIMPAN BERBAGI KENANGAN..!



Bandung memang di kenal sebagai daerah dingin atau sejuk karena di daerah ini banyak sekali potensi kekayaan alam dan panorama alam yang indah, banyak wilayah di Bandung mempunyai  pemandangan alam yang indah dan begitu tertata rapi,  itulah yang menyebabkan kesejukan di tanah Bandung.  Ya.. mungkin di Indonesia kita tidak menemukan daerah sesejuk kota Bandung, sehingga patutlah Bandung sebagai pioneer bagi daerah-daerah lain di Indonesia tetang keindahan alamnya yang tertata.
 Bagi kita yang pingin berlibur ke Bandung dan sekitarnya, melalui blog ini kami akan mencoba mengupas tutas daerah-daerah yang patut untuk kita kunjungi, karena Bandung terkenal dengan wisata alam, wisata fashion/kerajianan, dan wisata kulinernya yang khas serta ada juga wisata budaya tapi tidak begitu banyak.  Dan kami yakin Setelah kita menikmati  tempat- tempat  wisata di Bandung dan sekitarnya , kita akan merasakan bener-bener  menikmati refresing, dan kita akan dimanjakan oleh suasana alam di kota Bandung, kita akan dipuaskan oleh wisata kuliner dan fashionya.

Ok. Tidak perlu panjang lebar lagi kita akan tunjukan wisata-wisata mana saja yang patut kita kunjungi di kota Bandung dan sekitarnya , berikut ini wisata-wisata alamnya :

1.  Air  terjun Maribaya
Lokasi Air terjun Maribaya terletak di Bandung utara kira-kira 15 km dari kota Bandung, untuk mencapai lokasi wisata kita bisa menempuh dengan dua cara : pertama melalui Lembang dengan naik angkot ke arah Maribaya dan yang kedua jika anda hobi  tracking, Maribaya dapat ditempuh dari Dago, tepatnya Taman Hutan Raya Djuanda.  Sesampai di Taman Hutan raya, anda bisa beli tiket lalu masuk ke taman Djuanda.  Perjalanan berikutnya anda lewat gua Belanda dan Jepang,  setelah tembush melewati jalan setapak, maka anda akan disuguhi perjalanan indah dengan menapaki  jalan setapak. Track ini sangat ramai jika di hari rabu dan minggu atau hari libur lainnya, banyak keluarga melakukan tracking ke Maribaya.
Sesampai di Maribaya bisa rekreasi disana dan balik lagi dengan naik ojek sekitar 10-15 ribu dari arah maribaya ke taman Djuanda. Sesampainya di Maribaya, anda bisa lihat air terjun dan menikmati dinginnya Maribaya sembari makan jagung bakar atau ketan bakar. Tempat ini sangat cocok buat istirahat bersama keluarga, lokasinya dingin, sejuk dan dibawah rindangnya pepohonan di  Maribaya.

2. Batu Kuda Manglayang
Batu Kuda Manglayang terletak di perbukitan Manglayang di daerah Bandung Timur, disini kita bisa menikmati  indahnya Bandung dari perbukitan Manglayang, perjalanan menuju ke sana dari dari Bandung kota kita ambil arah Cibiru, bundaran timur kota Bandung arah Cileunyi.  Kurang lebih 3 km dari bundaran Cibiru ada jalan belok kiri naik keatas, terus kita ikuti jalur tersebut, bisa dengan menggunakan mobil atau motor naik keatas. Perjalanan keatas sampai Batu Kuda kurang lebih 7 kiloan, meskipun jalannya agak sempit, tapi enjoy juga dengan suguhan pemandangan dan hawa dingin kota Bandung. Jika kita lanjutkan, nanti kita akan masuk pintu gerbang Wisata Batu Kuda, dengan plang pintu masuk. Setelah bayar di Pos Masuk dengan karcis yang super murah, kita bisa bawa mobil parkir di rindangnya pohon pinus Batu Kuda.
Disini kita bisa menikmati rindangnya pohon pinus nan tinggi dan tiupan angin sepoi yang kadang berselimut kabut ,  Seandainya perut terasa lapar, ada beberapa penjual makanan, he he he, bisa ngopi atau mengudap mie instan.
Untuk mencapai batu yang berbentuk seperti kuda kita harus naik lagi sekitar 700 meter dari pintu masuk ke arah atas. Lumayan sambil tracking gunung. Sesampai disana kita akan melihat batu yang mirip kuda, nah inilah yang disebut situs Batu Kuda.

3. Ciater Wisata Air Panas
Daerah Ciater termasuk dalam kawasan Gunung Tangkuban Perahu namun masuk dalam wilayah kabupaten Subang.  Ciater berada sekitar 30 km ke utara dari kota bandung, untuk menuju lokasi  Rute yang harus ditempuh adalah dari Bandung Kota menuju ke Lembang, terus dari Lembang ke arah Subang. Setelah menanjak melewati jalur Cikole/Tangkuban Perahu, maka jalan akan menurun tajam menuju arah Ciater, sekitar 7 km dari Cikole. Setelah masuk kawasan Ciater, nanti ada pertigaan belok kanan.
Sekedar untuk  mengingatkan jika sudah sampai  ke Ciater  jangan lupa bawa baju ganti, karena sayang kalau ke Ciater tanpa mandi air panas, karena sebenarnya obyek intinya adalah menikmati uap belerang dari aliran sungai Ciater. Anda bisa berendam dalam kolam atau disungai sambil bermalas-malasan sepuasnya. Sambil  berendam air panas segaligus menikmati pemandangan gunung Tangkuban Perahu yang  dihiasi perkebunan teh nan sejuk dan segar. Wisata yang sangat simpel, selamat menikmati uap belerang dari kaki Tangkuban Perahu.

4. Gunung Kareumbi Masigit
Untuk menuju ke sana kita akan melewati curug cinulang, dimana di curug cinulang itu juga merupakan tempat wisata air terjun yang indah jadi alangkah baiknya jika kita juga mampir ke sana. Memang indah melihat cekungan Bandung dari perbukitan jalan menuju Cinulang. Bandung Cicalengka ditempuh sekitar 20 km, berikutnya Cicalengka ke arah Curug Cinulang sekitar 7 km. Curug Cinulang adalah salah satu curug yang banyak dikunjungi orang wisatawan, letaknya ditepi jalan arah Gunung Masigit. Setiap hari Sabtu atau Minggu, curug ini rame banget. Untuk menuju curug, harus berjalan menuju lembah yang cukup dalam, biasanya sangat rame pengunjung sehingga mesti berderet deret. Air terjun Cinulang cukup indah dan tinggi, mungkin karena keistimewaan itu sehingga menarik orang untuk datang ke curug ini. Biasanya mereka yang datang ke curug, sekalian mandi di bawah air terjun nan dingin ini.
 Setelah dari Curug Cinulang sekitar 6 km lagi sampailah kita ke Kawasan WIsata Kareumbi-Masigit, untuk kawasan wisata ini kita akan bertemu dengan wisata ini, diantaranya : Penangkaran Rusa, Desa Wisata Cigumentong, Jogging Track, Rumah Pohon, Bike Track, Bumi Perkemahan. Pemandangannya sangat aduhai, membuat kita fresh saat kembali ke kota. Pokoknya lokasinya asyik deh, saya nggak bisa menceritakan semua silahkan saja kesini.

5.   Tangkuban Perahu
Mungkin bagi kita sudah tak asing lagi dengan wisata Tangkuban perahu, yaitu suatu wisata alam di daerah Bandung Utara.  Untuk mencapai Tangkuban Perahu, sangat mudah. Bisa pakai mobil, sepeda motor atau angkutan umum. Wilayah wisata tangkuban perahu tepatnya di Cikole Lembang.
Untuk pergi ke sana, dari Bandung kota kita mengadakan perjalanan sekitar 7 km ke arah Lembang, sebuah kota susu nan dingin. Seterunya mengambil jalur ke utara atau arah Subang sekitar 7 km lagi, nah pas di Cikole, atau titik puncak pass antara perbatasan Bandung – Subang ada arah ke kekiri menuju Tangkuban Perahu.

Disitu ada papan penunjuk arah yang jelas menunjukkan arah tangkuban perahu.
Dari titik pertigaan ini, kita akan melalui jalan mendaki dan berkelok sekitar 3-4 km menuju arah puncak dengan memasuki hutan pinus dan perdu. Sepanjang jalan seringkali kita ditemani kabut tipis nan dingin, apalagi di musim hujan, menambah suasana romantis.

Setelah kita Sampai di kawasan wisata Kita bisa berjalan dan mengambil foto di pingiran kawah yang indah sambil sesekali menikmati bau belerang yang tertiup angin. Jika masih kuat, perjalanan bisa dilanjutkan ke atas dimana kita bisa menikmati  desiran kawah dan air panas. Tapi kalau sudah sore biasanya kawasan ini ditutup. Jika ada waktu luang, bisa menikmati hijaunya pohon teh sambil ngopi di warung bersama keluarga, membuat suasana demikian indah. Jika malam menjelang, kita masih bisa konkow2 setidaknya sampai jam tujuh malam.

Dan masih banyak wisata-wisata alam yang menakjubkan di kota Bandung dan sekitarnya, dan sekiranya tak cukup kami menceritakan tetang lokasi wisata alam, ok sekarang kita akan bahas wisata fashion/kerajiana 
:
1.   Cibaduyut
Cibaduyut lokasinya di kota Bandung bagian selatan dimana Cibaduyut terkenal karena kerajinan sepatunya, biasanya sepatu di produksi sendiri oleh warga cibaduyut dan sekitarnya, jadi warga Cibaduyut banyak yang ahli membuat sepatu. Untuk mencapai kawasan industri sepatu Cibaduyut, bisa dilakukan dengan banyak cara. Kalau dari Stasiun bisa langsung naik angkot ke Cibaduyut. Demikian juga jika dari terminal Cicaheum dapat ditempuh dengan angkot jurusan Leuwi Panjang. Sebenarnya, Cibaduyut dekat dengan terminal Leuwi Panjang, jika dari sana tinggal jalan kaki saja sekitar 300 meter sudah sampai kawasan Cibaduyut.
Kualitas sepatu buatan Cibaduyut lumayan bagus, namun ada juga produk yang dijual murah di Cibaduyut, sedangkan produk berasal dari luar kota semisal sandal dan sepatu murah itu dari Tasik. jika anda mau beli sepatu, gunakan penawaran terbaik. Sepatu yang dijual di Cibaduyut sistemnya tawar menawar, meskipun kadang sudah di bandrol.
Namun perlu diingat juga karena lokasi jalannya sempit, kawasan parkir disana teramat sepit, sedang kondisi jalan begitu padat, sehingga membutuhkan kesabaran untuk memperoleh lokasi parkir.

2.  Pasar Baru Bandung
Pasar Baru Bandung adalah primadona wisata belanja pakaian orang dari luar Bandung. Bahkan wisatawan dari Malaysia dan Singapura kerapkali mondar-mandir cari pakaian di Pasar Baru Bandung. Letaknya yang strategis ada di pusat kota menjadi incaran para wisatawan. Apalagi dengan harga yang murah meriah, asalkan bisa nawar, pasti dapat barang harga bersaing. Adapun barang yang dijual di Pasar Baru Bandung mayoritas produk fashion, mulai dari Baju umum, baju anak, baju muslim, mukena, kerudung, sepatu, sandal, batik dan sebagainya.
Berikutnya, lantai akan terbagi menjadi 8, lantai 7 ada food court dan mainan anak, jika capek jalan cari belanjaan bisa makan disini dan jika bawa anak-anak bisa main di game center. Lantai-lantai bawah berjubel aneka dagangan produk fashion, yang mayoritas produk orang Bandung. Maklum, Bandung adalah ibukota fashion dan kaos oblong Indonesia, jadi semua produk fashion tumplek blek ada disini.
Karena terletak di tengah kota lokasi pasar baru kalau siang macet, bahkan kalau mau ke pasar baru akan dapat parkir di lantai 8, jadi disarankan kalau mau ke pasar baru sebaiknya di pagi hari supaya kebagian parkir.

Kita juga akan tunjukan wisata kuliner di kota Bandung, ada banyak makanan khas kota Bandung, berikut ini macamnya :

1.  Obi atau bola-bola ubi
Obi adalah panganan khas Bandung yang terbuat dari Ubi Jalar dicampur dengan tepung kanji. Dibentuk bulat -bulat lalu di goreng. Rasanya manis dan renyah yang akan membuat pecinta kuliner akan kembali lagi ke kota ini. Bola-bola Ubi atau Obi yang berada di alun-alun kota Bandung dan sekitarnya ini adalah salah satu kuliner Bandung yang termasuk makanan ringan. Dulu cukuplah populer. Kita cukup membayar Rp. 600,-/biji

2.  Sate Hudori
Kalau cerita sate di kota Bandung tentu saja sate hudori yang paling terkenal di kota Bandung, dimana lokasinya di Stasiun lama kota Bandung tepatnya di belakang Stasiun kereta api Bandung.  Hanya dengan membayar Rp. 26.000,-/porsi kita sudah bisa menikmati sate dengan daging yang empuk dan lezat di sertai aroma sate yang harum bersama bumbu kecap (dengan bawang merah dan cabe rawit) serta bumbu kacang.  Wow betapa nikmatnya.
Sate Hadori ini bisa dinikmati sejak siang hari sampai dini hari. Katanya sih, biasa tutup sampai pukul 3 pagi. Satu hal lain yang membuat Sate Hadori ini melegenda adalah memang karena perjalanan sejarah dari pendiri usaha sate ini yang sudah dimulai sejak tahun 1940-an di Garut.

3.  Cimol /masakan khas Sunda
Masakan khas kota Bandung yang satu ini memang sudah tak asing lagi, karena memang sudah bukan hanya di kota Bandung saja tapi juga sudah menyebar di berbagai daerah di Indonesia. Jadi masakan cimol itu kalau orang di luar kota Bandung yang sedang pergi ke Bandung tentu lindahnya menjadi  tak asing lagi. Ada berbagai masakan seperti ayam goring, tempe, daging, berbagai masakan ikan dan terutama masakan khas Bandung itu adalah lalapan dan sayur beningnya.  

Dan tentunya masih banyak wisata-wisata kuliner di kota Bandung, yang tak bisa di ceritakan disini.. anda bisa cari referensi-referensi lain di google atau temen-teman anda.

Kami siap memberikan fasilitas-fasilitas menarik seperti info-info hotel yang lagi promo dan dapatkan cashback hingga 70 % silahkan klik di sini infonya


sumber :
- http://www.wisatakebandung.com
- http://www.tnol.co.id


             -------oooOOOoooo-------







Tidak ada komentar:

Posting Komentar