Senin, 24 Desember 2012

Mo curhat bisnis ah...! (sesi 1)

Bisnis.. oh bisnis..sampai saat ini masih dalam suatu kebingungan untuk berbisnis melaui blog baruku ini aku ingin curhat apa yang menjadi uneg-unegku semoga teman-teman bisa belajar dari saya tetang apa yang telah  saya lakukan.. eh belum cerita cerita ya... kok mau belajar dari saya, lalu apa yang mau di pelajari...? Adakah sesuatu yang istimewa sehingga harus dipelajari?

Ya.. setiap makhluk ciptaan Tuhan pasti akan ada maksud atau tujuan kenapa Tuhan menciptakan makhluk  itu.. nah itu harus di pelajari.. eh..kok  jadi nglantur...ya.. nggak pa-pa daripada cuma diam.. kan harus ada omong-omong ngalor-ngidul.. yah namanya juga curhat, dan kebetulan ini adalah bog pertamanku lho... yang akan aku buat menjadi blog yang paling di cari oleh para blogger, untuk mendapatkan backlink dariku...hari ini tanggal 24 Desember 2012 jam 14.30 WIB, aku luncurkan blog ini untuk pertama kali.

Oh..ya kembali ke awal yaitu curhat tetang bisnis tadi ya...Bisnis apapun sudah aku lakukan baik yang online maupun offline, saya cerita yang offline dulu....Setamat dari kuliah tahun 1997 aku mulai bisnis tapi bukan online wong waktu itu belum ada internet pada tahun 1998-1999 aku bersama temanku se kelurahan mulai bisnis retail barang-barang kelonthong. Aku mulai jadi agen sebuah perusahan dikampungku... dulu penduduk kampung itu menamakan perusahaan itu dengan nama so-klin, oo soklin,soklin kan sabun deterjen... tak jawab ya..memang itu..kami ambil produk diperusahaan itu lalu ku jual ke warung-warung seluruh desa.. ya.. waktu itu kami tergabung dalam karang taruna desa, jadi orang bayak yang menjalankan bisnis itu, dan alhamdulillah laku semua...Pas waktu pembagian keuntungan..seneng rasanya bagi hasil...waktu itu ada keuntungan Rp.65.000,- di bagi anak 12 agen yach cuma dapat 5000 sekian... tapi ya.. gak pa..pa.. lha wong bisnis baru pertama kali...setelah satu tahun akhirnya bisnis kami tutup.... karena kehabisan modal, sementara kita beli ke perusahaan soklin harus cash..sedang kita memasok di warung-warung di hutang... yach berat deh jadinya.
..
Akhirnya aku pindah ke usaha dekorasi, yaitu usaha milik temenku ya..itu gak nyampe setahun dah bubar dan aku tak dapat hasil dari situ..terus aku ke usaha perternakan, aku dan temen kampung usaha ternak ayam, lele, bebek, kami sewa lahan terus kami buat kandang ya..lumayan cukup menghasilakan utk kehidupanku... tahun 2001 usahaku bubar lagi karena aku harus bekerja sebagai pengajar di sekolah negeri di luar kota.. sehingga aku dak sempat urus ternak lagi, temenku juga dapat kerja di bengkel ahass.
Aku menjadi guru di sekolah itu cuma 1 tahun hasilnya aku di gaji 300 ribu perbulan. lumayan gaji waktu itu..

Ok.Perjalananku di lanjutkan setelah aku keluar dari guru.. di sebuah universitas terkenal swasta di jogja ada lowongan pekerjaan, waktu itu bulan Agustus 2002. wah ceritanya cukup panjang. ok bersambung.

1 komentar: