Selasa, 25 Desember 2012

Mo curhat bisnis..! (sesi 3)

Kemarin cerita saya sampai di ujian kekaryaan,singkat cerita saya lolos di ujian kekaryaan.. di lanjutkan ke ujian komputer dan wawancara keahlian, ujian ke empat. dilaksanakan jam 08.30 aku berangkat dari rumah jam 8, rasanya agak tergesa-gesa, tepat jam 08.28 aku sampai di kampus,selang beberapa menit ujian komputer pun dimulai..aku di suruh membuat suatu program daftar gaji mengunakan mail merge, ya.. berhubung aku adalah mantan guru komputer, aku dengan lancar membuatnya... aku dah selesai duluan dari pada temen-temen yang lain, sampai pengujinya terkejut, kok cepet sekali.terus aku keluar ruangan menunggu ujian ke dua. jam 10.30 ujian wawancara keahlian pun dimulai.. satu satu dipanggil oleh penguji berdasar no urut kartu ujian kebetulan nomer kartu ujianku adalah 029, waktu itu dah sampai no 018, waktu dia keluar dia memasukan kartu ujian ke dalam tasnya...waa..jadi pake kartu ujian to syaratnya, terus aku cari kartu ujianku di tas, horotoyoh.....MasyaAllah.. kartu ujianku gak kebawa...aduh gimana ini? apa yang harus aku lakukan. aku tetap untuk menenangkan diri, ah.. ga pa-pa gak bawa kartu ujian lha wong tadi waktu ujian komputer kartu ujian juga gak di periksa. tapi akhirnya aku mulai ragu setiap peserta yang keluar ruangan setelah diwawancarai selalu memasukan kartu ujian ke tasnya, seakan memberi petunjuk kepadaku bahwa aku harus ambil kartu ujian, dan mau gak mau aku harus pulang mengambil kartu ujian...begitu yang di panggil nomor 026 terus aku bergegas untuk pulang untuk mengambil kartu ujian, jam menunjuk jam 11.30 aku langsung pulang, jarak rumahku  13 km, aku dengan yamaha alfaku langsung tancap gas, tapi aku ya gak bisa cepat lha wong kondisi motor juga menghawatirkan, kebetulan pas traffic light nyala hijau terus seakan bebas tanpa hambatan, sesampai di rumah aku langsung ambil kartu ujiannya, terus tancap gas ke kampus lagi.. kebetulan lagi lampu traffic light nyala hijau terus...sampai di kampus jam 12.00, aku tak abis pikir kenapa aku naik motor pulang balik hanya ditempuh dalam waktu setengah jam padahal kalau normal pulang balik ditempuh dalam waktu 1,5 jam. aneh. tapi ya..udahlah yang penting aku bisa ujian. perserta yang dipanggil dah nomer 031. aku di lewati. pada waktu di panggil no 032 aku minta ijin peserta tersebut agar aku duluan, dan alhamdulillah diperbolehkan. pada waktu aku masuk pewawancara langsung bilang," mana kartu ujiannya?" tak jawab,"ini pak." pewawancara langsung terkejut,"Lho..kok nomer 029 padahal yang dipanggil no 032, tadi kamu kemana? kok ta panggil nggak masuk?" ku jawab,"aku lapar pak dari tadi belum sarapan."pewawancara akhirnya memakluminya. yach.. mohon maaf bo'ong sedikit. karena kalau waktu itu aku jujur, "aku baru ambil kartu ujian di rumah pak.." kayaknya kok lucu ya.

Singkat cerita aku lancar mengikuti tes wawancara keahlian. dan esok harinya aku lihat pengumuman aku di terima. senang rasanya hati ini. tapi jangan bangga dulu masih ada ujian ke lima (terakhir) yaitu psikotes. singkat cerita akhirnya aku lolos ujian psikotes, aku di terima di bagian staf keuangan di lembaga tersebut.

Perlu di ketahui bahwa sebagian besar peserta tes yang di terima adalah di bawa oleh orang dalam, tapi aku nggak di bawa oleh siapa-siapa namun berkat izin Allah aku diterima sebagai karyawan di universitas swasta tersebut.

Bulan Oktober 2002 aku tanda tangan kontrak dengan universitas tersebut, dan memang bener kata pak tanto bahwa gajinya di bawah jauh dari gaji guru yang saya terima dulu, pak PR II waktu itu bilang ke seluruh calon karyawan yang diterima,"kalau seandainya kalian tidak puas dengan gaji tersebut dipersilahkan untuk keluar ruangan." dan waktu itu tidak ada yang keluar ruangan, berarti semua pada setuju dengan nominal gaji tersebut, yaitu karena statusnya adalah karyawan kontrak maka kami hanya menerima 80% dari gaji pokok yaitu sebesar Rp.186.400,-/bln. akhirnya kami semua tanda tangan kontrak selama setahun.

Sekarang tahun 2012, karena ada peningkatan kesejahteraan secara bertahap, pedapatan bersih aku dah mencapai Rp. 3.250.000,- /bln.. dan kemungkinan akan naik, naik dan naik terus. mohon doanya ya... Eh, ternyata universitas tersebut tidak hanya memberiku fasilitas gaji saja, tapi juga.... ssstttt... aku ketemu jodohku di universitas tersebut, aku menikah pada tahun 2006.. dan sekarang di beri momongan 1 putri umur 4 tahun, dan.. ssstttt.... isteriku sekarang hamil lagi usia kandunganya 3 bulan. mohon doanyaya....makasih.

Itu sekilas perjalanan hidupku dalam menjalani bisnis offline, oh ya... saya juga mo cerita bisnis online, tapi... e...disambung besok ya...  by..by..dah capek.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar