Selasa, 04 Juni 2013

SURABAYA : Sebagai Kota Pahlawan, Kota Tujuan Wisata dan Bisnis




icon_surabayaSurabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota yang berdasarkan sensus penduduk per taggal 4 Juni 2013 adalah 3.159.505 jiwa ini bertempat di pesisir utara Jawa Timur, tepatnya di mulut muara Kali mas di ujung selat Madura. Kota ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena beberapa peristiwa penting yang melatar belakangi tumbuh kembangnya kota Surabaya.

Bila kita melihat nama Surabaya dari asal katanya, ada 2 versi yang paling terkenal yang  berbeda yang bercerita tentang hal ini. Yang pertama, nama Surabaya berasal dari 2 kata yangg berbeda “Suro” yang berarti hiu dan “Boyo” yang berarti buaya. Menurut mitos digambarkan seekor hiu putih raksasa dan buaya putih raksasa bertarung memperebutkan gelar sebagai hewan terkuat. Di kemudian hari, pertarungan ini dikaitkan dengan pertempuran antara pasukan Raden Wijaya dari dari Kerajaan Majapahit yang diibaratkan sebagai buaya yang datang dari darat melawan kekuatan pasukan Mongol utusan Kubilai Khan sebagai hiu besar yang datang dari laut yang akhirnya dimenangkan oleh pasukan Majapahit. Hari kemenangan tersebut di kemudian hari dijadikan sebagai hari jadi kota Surabaya yaitu tangal 31 Mei 1293. Versi yang lain mengatakan, nama Surabaya berasal dari istilah “sura ing baya” yang berarti “berani menghadapi marabahaya.” Kata-kata inilah yang dipakai para pahlawan kita sejak dahulu terutama pada pertempuran besar 10 November 1945 kala melawan Inggris. Para pahlawan berjuang terus tanpa henti menantang marabahaya apapun yang menyambutnya. Pertempuran yang berlangsung selama 10 hari ini menelan korban sekitar 20.000 tentara, milisi, dan penduduk Indonesia dan ribuan tentara Inggris ini akhirnya dijadikan sebagai hari pahlawan Republik Indonesia yang diperingati dengan khusuk dan khidmat setiap tahunnya.

Selain sebagai kota yang bersejarah, Surabaya juga dikenal sebagai kota wisata dan bisnis. Banyak tempat-tempat bernilai wisata yang layak dikunjungi oleh para wisatawanbaik domestic maupun manca, berikut ini tempat-tempat wisata di kota surabaya :

1. Tugu Pahlawan
Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati pertempuran rakyat Surabaya (arek-arek Suroboyo) melawan sekutu pada tanggal 10 NOvember 1945 yang di tunggangi Belanda di mana Belanda masih ingin kembali untuk menjajah kembali Indonesia. Monumen ini yang menjadi markah tanah Kota Surabaya. Monumen ini setinggi 41,15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945.

2. Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam, adalah sebuah museum kapal selam yang terdapat di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Terletak di pusat kota, monumen ini sebenarnya merupakan kapal selam KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952. Kapal selam ini pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda.
Kapal Selam ini kemudian dibawa ke darat dan dijadikan monumen untuk memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Monumen ini berada di Jalan Pemuda, tepat di sebelah Plasa Surabaya. Selain itu di tempat ini juga terdapat sebuah pemutaran film, dimana di tampilkan proses peperangan yang terjadi di Laut Aru. Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata ini anda juga akan ditemani oleh seorang pemandu lokal yang terdapat di sana

 3. Patung Budha Empat Wajah.
Patung Buddha Empat Muka adalah merupakan wisata religi yang berada di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran, Surabaya. Patung Buddha yang memiliki empat wajah ini menjadi objek wisata menarik di Surabaya, selain berlapis emas murni, patung ini dinyatakan MURI sebagai patung tertinggi di Indonesia. Dan yang lebih menarik lagi empat wajah itu menggambarkan sifat Buddha yang penuh kasih, murah hati, adil, dan suka meditasi. Patung Buddha Empat Muka akan terlihat sangat mengesankan bila di lihat di malam hari daripada jika di lihat siang hari karena nuansanya menjadi jauh berbeda. Pekerjaan pembuatan patung ini dimulai pada Juli 2003, dibangun di atas tanah seluas 1,5 hektar. Bangunan utama dimana Patung Buddha Empat Muka ini diletakkan berukuran 9×9 meter
  
4. Masjid Cheng hoo
Masjid Cheng Hoo Surabaya adalah Masjid bernuansa Muslim Tionghoa yang berlokasi di Jalan Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya. Masjid ini didirikan atas prakarsa para sespuh, penasehat, pengurus PITI, dan pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Indonesia Jawa Timur serta tokoh masyarakat Tionghoa di Surabaya. Pembangunan masjid ini diawali dengan peletakkan batu pertama 15 Oktober 2001 bertepatan dengan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW. Sedangkan pembangunannya baru dilaksanakan 10 Maret 2002 dan baru diresmikan pada 13 Oktober 2002.
Masjid Cheng Ho, atau juga dikenal dengan nama Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya, ialah bangunan masjid yang menyerupai kelenteng (rumah ibadah umat Tri Dharma). Gedung ini terletak di areal komplek gedung serba guna PITI (Pembina Imam Tauhid Islam) Jawa Timur Jalan Gading No.2 (Belakang Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa), Surabaya. Masjid ini didominasi warna merah, hijau, dan kuning. Ornamennya kental nuansa Tiongkok lama. Pintu masuknya menyerupai bentuk pagoda, terdapat juga relief naga dan patung singa dari lilin dengan lafaz Allah dalam huruf Arab di puncak pagoda. Di sisi kiri bangunan terdapat sebuah beduk sebagai pelengkap bangunan masjid.

5. Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya (KBS) pertama kali didirikan berdasar SK Gubernur Jenderal Belanda tanggal 31 Agustus 1916 No. 40, dengan nama “Soerabaiasche Planten-en Dierentuin” (Kebun Botani dan Binatang Surabaya) atas jasa seorang jurnalis bernama H.F.K. Kommer yang memiliki hobi mengumpulkan binatang. Dari segi finansial H.F.K Kommer mendapat bantuan dari beberapa orang yang mempunyai modal cukup. Lokasi KBS yang pertama di Kaliondo, pada tahun 1916, kemudian pada tanggal 28 September 1917 pindah di jalan Groedo. Dan pada tahun 1920 pindah ke daerah Darmo untuk areal kebun binatang yang baru. KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, didalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang. Kebun Binatang Surabaya pernah kena komplein oleh para aktivis lingkungan pada tahun 2010.

6. Pantai Kejeran
Pantai Kejeran berada di sebelah utara kota Surabaya, Pantai Kenjeran terletak di kecamatan Kenjeran di timur Surabaya, sekitar 9 Km dari pusat kota.  Di pantai ini  dapat memanjakan para pengunjungnya dengan menyediakan beberapa fasilitas taman untuk bersantai, sambil anda menggelar tikar dibawah pohon yang rindang anda dapat merasakan sejuknya udara pantai dan anda dapat pula menikmati makanan khas Surabaya seperti lontong kupang, sate kerang, dan lainnya. Juga dapat ditemui ikan segar, ikan asin, kerupuk udang dan souvenir- souvenir cantik dari Surabaya hasil industri rumah tangga. Pantai Kenjeran terbagi menjadi dua pantai, mereka Pantai Kenjeran Lama dan Baru, Kenjeran Lama adalah menikmati panorama pantai, memancing, berlayar, dan membeli ikan laut. Sementara kegiatan di New Kenjeran Beach biada digunakan untuk kegiatan olahraga, seperti, Tenis, Balap Motor, Pacuan kuda,, Berenang, Memancing, Taman Bermain, dan tempat ibadah.

7. Waterpark Citraland Surabaya
Salah satu wahana terbesar di Indonesia, dimana wahana ini dibangun di tanah  se-luas 5 hektar dengan mengusung tema negeri 1001 malam dalam setiap wahananya, Di waterpark Citra land kita akan di suguhi atraksi-atraksi yang sangat memanjakan keluarga seperti :
Roc Tower Thunder Ride, Marina Lagoon, Sinbad's Playground, Chimera Pool, Syracuse Beach, Sirens River, Racer Slide (new). info lebih lengkap kita bisa buka websitenya langsung di sini
Disamping itu kita juga akan di beri fasilitas-fasilitas pendukung yang membuat kita nyaman berada di sana seperti : Gazebo(tempat peristirahatan yang nyaman), Loker(tempat penyimpanan barang berharga), Foodcourt (tempat makan dengan menyediakan aneka makan khas indonesia atau manca), Outdoor cafe(cafe mini), Merchandise shop(toko penjual souvenir-souvenir khas Surabaya), Mushola, Ruang ganti, Transportasi bis(bis khusu sebagai penjemput grup/rombongan), Parkir luas, Flying dox (hanya dengan Rp. 20.000,- kita akan melayangdi udara), Trampoline(semacam permainan Rp.25.000,-), Hall(ruangan yang mampu menampung 500 orang).
Dan disini akan di tunjukan tip-tips masuk di Ciputra land Surabaya... infonya klik disini.

8. Jembatan Sura Madu.
Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).
Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009, Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.

Sebagai salah satu kota terbesar di Asia Tenggara, Surabaya merupakan pelabuhan utama dan pusat perdagangan komersial di wilayah timur Indonesia. Selain itu, sebagai ibukota provinsi, Surabaya juga merupakan rumah bagi banyak kantor dan pusat bisnis dengan segmen industri yang akan terus berkembang yang menjadikan kota ini sebagai tempat tujuan bagi para pebisnis.

Bagi para penyuka belanja terdapat banyak pusat perbelanjaan di sekitar Surabaya seperti Tunjungan Plaza, Atom Mall, Surabaya Town Square dan Pakuwon Trade Center atau pasar tradisional seperti Pasar Atom dan Pasar Turi. Tidak kalah dengan daerah tujuan wisata lainnya, banyak tempat wisata kuliner khas Surabaya yang dapat dikunjungi. Tempat-tempat tersebut antara lain Sate Klopo yang menjual sate sapi, Tahu Petis Kedungdoro yang telah ada sejak pertengahan tahun 70-an, Kantin Rawon Spesial, Lontong Balap Rombong sepeda, Warung Pecel Ponorogo Bu Pri Lettere, Rujak Cinggur Sedati Bu Nur Aini di Jalan Raya Sedati, Tahu Tek-Tek Pak Jayen, atau Semanggi Suroboyo Pujasera Kartika.

Bagi anda yang berniat mengunjungi Surabaya baik itu untuk berwisata ataupun berbisnis, Tim kami siap memberikan bantuan untuk pemesanan hotel yang mudah, cepat, aman disertai dengan diskon hinga 70% dan konfirmasi lansung. Anda hanya perlu melakukan pemesanan, menyelesaikan proses pembayaran, dan membiarkan kami menyelesaikan prosees selanjutnya untuk anda. Rencanakanlah perjalanan anda dengan baik. Jagalah kesehatan. Sampai berjumpa di Surabaya, kepuasan perjalanan anda adalah tujuan kami.

sumber : http://travelblog.ticktab.com
             http://id.wikipedia.org
             http://www.eastjava.com

from : sipoel 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar